6 Cara Marketing 2018 |
Tentu berbagai cara untuk memasarkan suatu produk, entah
produk milik sendiri maupun menjadi reseller atapun bisnis online yang lain.
Banyak cara untuk memasarkan suatu produk, seperti marketing sosmed, offline,
promosi gratis maupun berbayar dll. Mungkin anda penasaran teknik/cara marketing
apa saja yang paling trending tahun 2018 atau paling banyak di prektekkan. Barangkali
ada beberapa teknik yang belum pernah anda coba, simak 6 teknik/cara marketing
paling trending 2018 di bawah ini.
1. Instagram Stories
Pengguna aktif instagram Indonesia tercatat mencapai 45 juta
pengguna di tahun 2017. Instagram kemudian muncul fitur Instagram Story pada
Agustus 2016 dan fitur baru ini sukses membuat Instagram semakin populer dan
semakin diminati oleh semua kalangan. Tingginya minat pemakai fitur Instagram
Story di Indonesia dimanfaatkan oleh Instagram untuk menjaring lebih banyak
pelaku bisnis yang menggunakan fitur Instagram Story sebagai alternatif
beriklan dan berhasil meningkatkan daya jual fitur ini. Menurut prediksi dari
beberapa sumber, Instagram Story akan menjadi salah satu tool marketing paling
berpengaruh di tahun 2018, dimana selain berpromosi para pemilik bisnis juga
dapat menjalin hubungan yang lebih dekat lagi dengan audiencenya.
2. Trend Twitter Menurun
Menurut catatan Global Web Index, pengguna twitter telah
menurun lebih dari 10 persen sejak 2016 hingga tinggal sepertiga dari pengguna
internet. Menurut lembaga survei JakPat anak muda Indonesia semakin jarang
menggunakan twitter jika dibandingkan dengan penggunaan Instagram, Facebook,
Line dan Snapchat, JakPat juga mengatakan pengguna twitter di dominasi oleh
kalangan yang lebih dewasa, berusia 26 tahun keatas. Selain itu, menurut
pengamat teknologi, Aulia Masna, Twitter di Indonesia ramai digunakan sebagai
alat pencari berita, platform kampanye dan debat politik, sedangkan orang-orang
menggunakan media sosial untuk mencari hiburan dan bersenang-senang.
3. Video Marketing
The Wall Street Journey mengatakan sejak pertengahan 2016
hingga sekarang semakin banyak brand
yang menggunakan video marketing sebagai strategi marketing mereka, dimana video
merupakan salah satu pasar terbesar yang paling diminati oleh netizen saat ini
yang akan bertumbuh sampai 10% setiap tahunnya hingga 2020 kelak.
Oleh karena itu, Video Marketing merupakan tool marketing
lainnya yang diprediksi akan semakin mendominasi platform sosial media di 2018, mengalahkan
peran konten gambar. Konten video lebih banyak disukai karena lebih variatif
dan mempermudah viewer untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh suatu brand.
Konsep video marketing yang mengedepankan emotional touch, format film pendek
dan edukasi pengetahuan adalah konsep
video yang paling diminati di 2018.
4. Konten yang Menarik
Tren strategi marketing 2018 yang selanjutnya adalah konten
marketing yang dimuat dalam halaman blogpost, newsletter maupun akun sosial media
bisnis Kamu. Topik yang menarik dan unik adalah nyawa dari setiap konten
marketing itu sendiri. Di 2018 ini, topik
mengenai Tips & Trick, Fakta Unik dan solusi permasalahan merupakan
tema favorite. Selain isi dari konten marketing itu sendiri, Kamu juga perlu
menyertakan beberapa visual yang eye catching untuk menarik para pembaca.
5. Influencer Marketing
Strategi pemasaran menggunakan influencer seperti blogger,
selebgram, youtuber dinilai masih memberikan dampak yang baik di tahun 2018.
Cara ini dianggap lebih ampuh karena kebanyakan konsumen jaman sekarang sudah
kurang percaya dengan iklan.
6. dengan Pelanggan
Menjaga hubungan baik dan kepercayaan pelanggan merupakan
strategi marketing paling mendasar yang sudah di terapkan sejak lama. Namun,
strategi ini masih ampuh dan dipercaya masih menjadi kunci sukses semua bisnis.
Sumber:
modifikasi
No comments